Mahasiswa semester IV Program studi S1 Farmasi STIKes Muhammadiyah Gombong melakukan kunjungan ilmiah di kawasan pabrik jamu PT. Sido Muncul Semarang Kamis 8/2/2018. 64 mahasiswa didampingi segenap pimpinan, dosen dan staff humas diterima pihak Sidomuncul pkl. 13.00, rombongan lansung diajak  berkeliling dan melihat serta diberikan penjelasan mengenai proses produksi mulai dari bahan baku sampai pada proses pengemasan. Para peserta juga diajak berkeliling ke R & D (Riset and Development), sebuah tempat yang digunakan oleh PT. Sido Muncul sebagai pusat penilitian dan pengembangan produk jamu Sido Muncul.

Setelah puas berkeliling pabrik, rombongan digiring menuju kawasan Agrowisata Sido Muncul (Mini Zoo). Disini mahasiswa dimanjakan dengan pemandangan indah sebuah danau dengan taman buatan dan juga terdapat berbagai macam jenis hewan, mulai dari hewan buas, semi buas dan jinak, menariknya dari hewan-hewan tersebut yang paling terkenal dan sangat ingin diketahui oleh rombongan adalah ikan Arapaima dari sungai Amazon, ikan ini memilki panjang sekitar 2 hingga 3 meter. Ikan ini ditempatkan  di sebuah aquarium dan kolam besar yang terdapat di Agrowisata Sido Muncul.

Menutup kunjungan semua rombongan berkumpul di aula pendopo Sido Muncul sembari mendengarkan penjelasan tentang sekilas PT. Sido Muncul. Pihak Sidomuncul melalui perwakilan divisi Humas menyampaikan terimakasih atas kunjungan mahasiswa, beliau juga mohon maaf karena cuaca hujan belum bisa mengajak rombongan untuk observasi ke PT. Sido Muncul Pupuk Nusantara. PT. Sido Muncul Pupuk Nusantara ini merupakan anak perusahaan PT. Sido Muncul, Tbk. yang menangani masalah limbah hasil produksi, baik limbah cair, maupun limbah padat . Pupuk hasil pengolahan dari pabrik ini (dari pupuk cair hingga pupuk padat) diuji cobakan pada kebun percobaan yang terletak di depan pabrik pengolahan limbah.’ Ungkap Humas’

Perwakilan STIKes Muhammadiyah Gombong M. Madkhan Anis selaku Wakil Ketua I Bidang Akademik juga mengucapkan terimakasih atas sambutan dan keramahan PT. Sido Muncul yang telah mengijinkan mahasiswa untuk melakukan kunjungan ilmiah,  beliau juga berharap kegiatan ini akan menambah wawasan  mahasiswa mengenai pemanfaatan potensi sumber daya alam menjadi produk yang bermanfaat bernilai jual dan meningkatkan pengetahuan mahasiswa mengenai perkembangan dunia industri sebagai bekal tambahan keahlian. Anis juga menambahkan kunjungan ke PT. Sidomuncul adalah langkah tepat mengingat Prodi S1 Farmasi memiliki program unggulan farmasi klinik dan herbal’ dengan langkah kedepan akan lebih banyak melakukan kunjungan ilmiah dan kerjasama di bidang penelitian dan pendidikan tidak hanya di pabrik jamu herbal akan tetapi juga dipabrik obat kimia dan juga Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT) Tawangmangu.

Dalam sesi ini peserta juga diberikan kesempatan bertanya jawab antara kepada pihak dari PT. Sido Muncul, Tbk. kemudian dilakhiri dengan penyerahan Vendel dari STIKes Muhamamdiyah Gombong dalam hal ini diserahkan langsung oleh Ketua STIKes Hj. Herniyatun kepada perwakilan PT. Sido Muncul, Tbk.

 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.