Dalam rangka menunjang pembelajaran mahasiswa Prodi S1 Farmasi STIKes Muhammadiyah Gombong, melakaukan Kunjungan Industri ke PT.Victoria Care Indonesia Sabtu 6/10/2018. Rombongan mahasiswa yang didampingi Wakil Ketua IV bidang Kerjasama dan beberapa Dosen Farmasi ini disambut oleh pihak Herboris, dilanjutkan berkeliling area pabrik.

Kunjungan yang berlangsung kurang lebih 2 jam ini dimanfaatkan oleh Mahasiswa untuk mengenal lebih dekat pengolahan bahan alami sebagai produk kecantikan, diantaranya diajak untuk mengenal dan mengetahui proses produksi dari beberapa produk kecantikan PT. Victoria Care Indonesia. Tidak hanya melihat proses kasarnya, akan tetapi mahasiswa diajak untuk belajar bagaimana memproduksi produk kecantikan dalam skala Industri mulai dari ruang penelitian bahan baku, penyimpanan, jenis bahan yang digunakan dan metode pengambilan bahan. Kemudian proses produksi hingga menjadi produk jadi untuk dipasarkan serta penyimpanan produk jadi yang akan dipasarkan dimana di PT. Victoria Care ini menggunakan metode First In First Out (FIFO) untuk menghindari penyimpanan produk yang terlalu lama.

Dalam kunjungan Industri ini mahasiswa juga diajak untuk mengenal profil PT. Victoria Care dan produk-produk kosmetik dari PT. Victoria Care Indonesia dan juga berkeliling melihat museum kecantikan yang dimiliki. Mulai dari produk perawatan kulit, produk perawatan rambut, parfum dan lain-lain. Kegiatan dilanjutkan dengan acara berbelanja produk-produk PT. Victoria Care di Herboris House.

Dalam sambutan singkat Kaprodi S1 Farmasi Tri Cahyani W, M.Si.,Apt, menyampaikan  banyak terimakasih kepada pihak Victoria Care Indonesia atas kesempatan yang telah memfasilitasi semua kegiatan Kunjungan Industri ini. ‘Saya yakin kegiatan ini akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa’ ungkap beliau.

Selain itu Wakil Ketua IV bidang kerjasama Sawiji, S.Kep, Ns. MSC disela-sela kegiatan menyampaikan rencananya STIKes Muhammadiyah Gombong akan menjalin kerjasama dengan pihak Victoria Care Indonesia terkait kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. ‘Semoga setelah kunjungan ini dosen maupun mahasiswa mempunyai gambaran terkait dunia industri kefarmasian dalam rangka mendukung proses pembelajaran kelas dan memotivasi mahasiswa farmasi untuk berjiwa wirausaha dengan mengembangkan ilmu yang didapat  menjadi produk yang bernilai jual tinggi’. Ucap Sawiji

Acara diakhiri dengan penyerahan plakat dan kenang-kenangan dari kedua belah pihak.. (Ukishumas)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.