Untuk mewujudkan mahasiswa berkemampuan dalam berorganisasi perlu dilakukan program dan kegiatan kemahasiswaaan yang realistis dan berkualitas. Oleh karena itu Himpunan Mahasiswa Farmasi (HIMAFARSI) TIKes Muhammadiyah Gombong mengadakan kegiatan “Latihan Ketrampilan Manajemen Mahasiswa” (LKMM) Minggu-Senin, 21-22/10/2018, bertempat di Kampus setempat.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 (dua) hari ini diikuti oleh 187 orang mahasiswa Farmasi dari tingkat 1 sampai dengan tingkat 3 yang ada di STIKes Muhammadiyah Gombong. Dimana hari pertama diisi dengan materi outbond untuk melatih kemampuan teamworks dalam menyelesaikan masalah dan dihari kedua materi disampaikan dengan metode ceramah, simulasi, tanya jawab, diskusi, & latihan.

Dasar pelaksanaan kegiatan latihan ketrampilan ini mengacu pada Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.155/U/1988 tentang Pedoman Umum Organisasi Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi, dan juga Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 2636/D/T/006, tanggal 7 Juli 2006 tentang Pola Pengembangan Kemahasiswaan (Polbangmawa).

Kegiatan pelatihan ini menghadirkan beberapa pembicara di antaranya adalah H. Abduh Hisyam, S.Ag, yang secara khusus menyampaikan materi tentang “Pengembangan dasar-dasar organisasi dan managemen konflik dalam organisasi”, Sarwono, SKM.,M.Kes  selaku Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan STIKes Muhammdiyah Gombong menyampaikan materi Analisis SWOT. Tidak ketinggalan dari pembicara dosen seperti Ike Mardiyati A, M.Kep, Sp.J, yang menyampaikan materi Public Speaking, sementara Naelaz Zukruf, M.Pharm,Sci, Apt, menyampaikan materi management waktu dan Ust. Mintaraga Eman Surya , LC. MA ikut memberikan materi dalam pelatihan ini dengan materi motivasi dan kepemimpinan.

Menurut Ketua Pelaksana Wahyu Rahmatullah dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan umum dari kegiatan ini adalah untuk menciptakan kader-kader yang kompeten serta profesional dalam memajukan organisasi. Wahyu juga menambahkan tema kegiatan dua hari ini adalah “membenruk karakter pemimpin yang memiliki jiwa loyalitas tinggi dan solidaritas tanpa batas”

Selain itu Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan STIKes Muhammdiyah Gombong Sarwono, SKM. M.Kes, melalui sambutannya ketika membuka acara ini menyatakan bahwa latihan ini sangat penting karena merupakan salah satu langkah awal dalam membekali mahasiswa tentang ketrampilan manajemen dalam berorganisasi. Sarwono lebih lanjut juga mengemukakan bahwasannya Ilmu sesungguhnya adalah yang diamalkan bukan dihafal “tegasnya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.