STIKES Muhammadiyah Gombong mendapat kesempatan menjadi tuan rumah Sharing Session dan Rakor FPPTMA KORWIL DIY-JatengSel 24/10/2018. Acara diikuti 8 institusi yaitu UMY, UAD, UNISA, UM Magelang, UM Purworejo, STTM Kebumen, STIKES Muhammadiyah Gombong dan UM Purwokerto.  Kegiatan diawali dengan kunjungan ke STTM Kebumen sekaligus penyerahan sumbangan dari institusi anggota untuk STTM Kebumen.

Sambutan dan pembukaan Sharing Session dan Rakor FPPTMA Korwil DIY-JatengSel, di STIKES Muhammadiyah disampaikan oleh Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan, Sarwono, SKM. Dalam sambutannya Sarwono menyampikan Pustakawan jangan berkecil hati akan tetapi harus percaya diri dengan profesinya, apalagi Pustakawan STIKes Gombong juga pernah meraih juara ditingkat Kopertis VI dan juga ada yang mempunyai taman baca mandiri.

Kemudian dilanjutkan sambutan dari Ketua FPPTMA, Drs. Lasa Hs, Msi, dimana dengan adanya acara ini akan terjalin komunikasi yang baik antar pustakawan khususnya wilayah DIY-Jateng Selatan. Selain itu harapanya PTMA yang sudah baik dalam pengelolaan dapat membantu PTMA yang notabene masih butuh dukungan dan support terkait pengelolaan perpustakaan. Drs. Lasa juga memandang perlu adanya pedoman Mutu perpustakaan PTMA agar setiap programnya jelas dan juga dalam rangka menghadapi akreditasi perpustakaan karena baru sedikit perpustakaan PTMA yang sudah terakreditasi.

Sharing Session dengan tema Strategi Presentasi dan Pemilihan Seminar untuk Mempresentasikan Karya Ilmiah, disampaikan oleh Arda Putri Winata, SIP, MA (Pustakawan UMY). Dalam Sharing Session disampaikan bahwa pustakawan bisa mengembangkan ketrampilan menulis dan bisa berkompetisi baik nasional maupun internasional. Apapun bidang yang kita kerjakan, kita bisa menggalinya menjadi sebuah tulisan. Saat ini banyak kegiatan yang bisa menampung tulisan pustakawan antara lain jurnal tentang perpustakaan, opini di surat kabar maupun Call for Paper untuk pustakawan.

Selanjutnya Rakor FPPTMA Korwil DIY-JatengSel yang dipimpin oleh Ketua Korwil FPPTMA DIY-JatengSel, Jamzanah Wahyu Widayati, S.I.Pust., M.A. Dalam Rakor antara lain membahas tentang hasil kunjungan ke STTM Kebumen, data pustakawan FPPTMA Korwil DIY-JatengSel, dan tindak lanjut pembinaan untuk STTM Kebumen. Dalam kegiatan tersebut, Perpustakaan STIKES Muhammadiyah Gombong juga mendapat sumbangan buku dari Perpustakaan UMY, UNISA dan UM Magelang. Sebaliknya Perpustakaan STIKes Gombong juga menghibahkan beberapa buku ke STTM Kebumen.

Acara yang terakhir kunjungan ke Perpustakaan STIKES Muhammadiyah Gombong. Dalam kunjungan tersebut Perpustakaan STIKES Muhammadiyah Gombong mendapat masukan dan saran untuk pengembangan perpustakaan.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.