Tiga orang mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Muhammadiyah Gombong mengikuti International Nursing Student Forum (INSF) 2018. Forum internasional itu berlangsung selama empat hari di Kota Khon Kaen Thailand.
Tiga mahasiswa itu ialah mahasiswa Program Studi (Prodi) DIII Keperawatan Muhammad Bahrul Huda dan mahasiswa Prodi Profesi Ners Agung Sudaryono dan Nindi Kuntisari. Selama di Thailand, ketiga mahasiswa tersebut didampingi dua orang dosen yakni dosen DIII Keperawatan Ike Mardiyati Agustin MKep SpJ, dan dosen Prodi Profesi Ners Wuri Utami MKep.
Tak sekadar mengikuti forum yang diikuti oleh mahasiswa internasional, para mahasiswa tersebut juga menjadi presentator karya ilmiah. Nindi mempresentasikan karya ilmiah tentang pengaruh mobilisasi terhadap proses penyembuhan luka, kemudian Bahrul Huda menyampaikan karya tentang aplikasi keperawatan pada pasien dan keluarga pasien tuberculosis.
Dosen yang melakukan seleksi Fajar Agung Nugroho SKep Ns MNS mengatakan bahwa tiga mahasiswa yang mengikuti INSF 2018 tersebut telah mengikuti berbagai seleksi. Dari banyak pendaftar ketiganya lolos seleksi sehingga mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman di ajang internasional. “Biaya transportasi maupun akomodasi ditanggung oleh Stikes Muhammadiyah Gombong,” ujar Fajar Agung Nugroho.
Nindi Kuntisari salah satu mahasiswa yang ikut menjadi presentator sangat berterima kasih kepada Stikes Muhammadiyah Gombong yang telah memberikan kesempatan berharga yakni mengikuti forum internasional di Thailand.
Tak hanya banyak pengalaman yang dia dapatkan selama bergaul dengan mahasiswa lintas negara, mahasiswa yang aktif dalam Forum Bahasa (Forbas) Stikes Gombong itu, juga bahagia dapat membuat bangga keluarga. “Ini adalah pengalaman terbaik dalam hidup saya. Akhirnya saya bisa membuat kedua orang tua saya bangga,” ujarnya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.