Bidang Kemahasiswaan STIKes Muhammadiyah Gombong mengadakan Workshop PKM dengan tema ‘ Sukses PKM 2019 ’ pada Sabtu, 22/12/2018 kampus setempat. Acara dihadiri oleh Pimpinan, Dosen Pembimbing dan Mahasiswa dengan total peserta mahasiswa 80 dan 10 dosen pembimbing PKM.

Workshop dibuka langsung oleh Ketua STIKes  Muhammadiyah Gombong Hj. Herniyatun, M.Kep, Sp. Mat sekaligus memberikan sambutan dan arahan kepada peserta. Dalam sambutannya Herniyatun mengatakan “PIMNAS adalah ajang bergengsi tertinggi perhelatan mahasiswa tingkat nasional yang banyak menjanjikan fasilitas dan juga hadiah”, oleh karena itu target PKM tahun ini adalah masuk PIMNAS akan tetapi target tersebut jangan dijadikan tujuan utama, yang penting adalah niat beribadah karena Alloh SWT tegas beliau. Selain membawa nama baik institusi PKM ini adalah salah satu bukti  arti mahasiswa yang sesungguhnya yang tidak hanya sekedar mengikuti perkuliahan dikampus belaka.

Impian untuk menggapai PIMNAS tidaklah mudah butuh persiapan dan proses yang panjang, oleh karena itu workshop kali ini mengundang 2 pembicara yang benar-benar menguasai seluk beluk PKM. Diantaranya pembicara pertama  Dr. Saryono, S.Kp., M.Kes pembimbing dan asesor PKM sekaligus Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Jenderal Soedirman yang telah sukses membawa nama harum institusinya ke PIMNAS. Selain memberikan motivasi dan berbagi pengalaman PIMNAS, Saryono juga  menyampaikan materi tentang menelisik dan menilai proposal PKM. Prinsip meraih sukses PKM menurut Saryono diantaranya kreatif (mampu menciptakan sesuatu yang baru) novelty (produk baru) bermanfaat luas dan hemat biaya. Selain itu prinsip pelaksanaan PKM juga patut diperhatikan diantaranya kerjasama tim, tanggung jawab dan kejujuran’ ungkap beliau.

Menurut pembicara kedua Isma Yuniar, M,Kep pembimbing Program Kreatifitas Mahasiswa STIKes Muhammadiyah Gombong yang lolos pendanaan 2018 menurut pengalaman beliau dalam membimbing dibutuhkan kesabaran, teratur dalam menyiapkan  dan mendiskusikan secara berkala. Selain itu dibutukan kerjasama dengan berbagai pihak untuk membuat jaringan. Penyusunan langsung mengasah berbagai softskil. Selain itu PKM juga berguna untuk memacu kreatifitas, kepintaran dan semangat kompetisi untuk menggapai PIMNAS’ ucapnya.

Workshop ditutup dengan sesi tanya jawab dan review proposal mahasiswa sejumlah 50 judul PKM oleh pembicara.