KEBUMEN – Sebanyak empat orang Pendonor Darah Sukarela (DDS) asal Kabupaten Kebumen mendapatkan penghargaan dari Presiden Indonesia. Penghargaan tersebut dilaksanakan karena pendonor telah berdonor sebanyak 100 kali. Adapun Penyematan Penghargaan Satya Lencana Kebaktian Sosial DDS 100 dilaksanakan di Puri Agung Convention Hall Hotel Grand Sahid Jakarta Pusat, hari ini Sabtu (26/1/2019).

Adapun keempat pendonor darah yang mendapatkan penghargaan tersebut yakni Kuswanto (60) yang kini bekeja di RSKIA Dewi Queen, Soffan (54) yang kini bekerja di STIKES Muhammadiyah Gombong, Sugeng Haryono (61) yang kini bekerja di PT Sundus dan Rohadi (61) seorang pensiunan Kejaksaan Negeri.

Sekretaris PMI Kebumen Salim Wazdy MPd menyampaikan, saat ini para peserta yang akan mendapatkan penghargaan sudah berada di Jakarta. Malam ini pesertaakan melaksanakan gladi untuk persiapan acara besok pagi. “Kami menyampaikan selamat kepada para pendonor. Semoga hal ini dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat,” paparnya.

Dijelaskan pula penghargaan kepada DDS dilakanakan secara bertahap. Ini dimulai dari DDS 10 Kali mendapatkan piagam penghargaan DDS 10 yang ditandatangani oleh Kepala UDD PMI dan Kaos Donor 10 Kali. Untuk DDS 25 Kali mendapatkan piagam penghargaan DDS 25 yang ditandatangani oleh Ketua PMI Kabupaten dan Kaos Donor 25 Kali. Untuk DDS 50 Kali mendapatkan piagam penghargaan DDS 50 yang ditandatangani oleh Ketua PMI Provinsi dan Baju DDS serta berkesempatan mengikuti temu donor dengan Gubernur.

Untuk DDS 75 Kali mendapatkan piagam penghargaan DDS 75 yang ditandatangani oleh Ketua PMI Pusat dan Baju serta celana dan berkesempatan mengikuti temu donor dengan Gubernur. “Sedangkan untuk DDS 100 kali mendapatkan piagam penghargaan DDS 100 yang ditandatangani oleh Ketua PMI Pusat serta Satya Lencana Kebaktian Sosial Dari Presiden dan Baju, Celana serta Jaket untuk kegiatan penyematan Satya lencana Kebaktian Sosial Donor Darah Sukarela 100 kali oleh presiden,” paparnya.
Salim menambahakan untuk dapat donor mencapai 100 kali bukan hal yang mudah. Seseorang dapat mendonorkan darahnya setidaknya 62 hari sekali. Artinya
untuk dapat donor sebanyak 100 kali dibutuhkan setidaknya 6.200 hari. “Itupun kalau donornya rutin. Jika tidak rutin tentunya akan lebih lama,” ucapnya. (mam)