Para CI (Clinical Instruktur) RSU Aghisna Medika Kroya mengikuti Pelatihan Preceptorship, Kamis-Jumat (2-3/5) yang diselenggarakan bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Muhammadiyah Gombong melalui CDC (Career & Development Centre).

Pelatihan yang berlangsung selama dua hari di aula Gedung Baru RSU Aghisna Medika Kroya setempat itu, sebanyak 24 tenaga perawat dilatih dengan berbagai materi Preceptorship oleh 4 instruktur yakni Isma Yuniar, M.Kep, Eka Riyanti, M.Kep, Dadi Santoso, M.Kep & Ike Mardiyati Agustin, M.Kep, Sp.Kep. J yang kesemuannya adalah dosen keperawatan di STIKes Gombong.

Dalam pelatihan yang dibuka oleh pihak manajemen rumah sakit dr. Boby, sejumlah materi yang disampaikan meliputi Konsep Dasar Pembelajaran Klinik, Konsep Preceptor, Learning Outcome, Model Bimbingan Preceptorship, Implementasi Program Preceptorship, Role Play, Evaluasi Pembelajaran Klinik, Presentasi Kelompok & umpan Balik dari Narasumber. Tak sekadar teori, mereka juga melakukan praktik pembelajaran seperti BST (Bed Side Teaching) terhadap pasien.

Ketua CDC Putra Agina S, MKep menjelaskan, pelaksanaan pelatihan bertujuan agar Peserta pelatihan mampu melaksanakan proses bimbingan klinik bagi peserta didik keperawatan di RSU Aghisna Medika Kroya dengan pendekatan metode preseptor-mentorship dalam system pelayanan keperawatan di rumah sakit. .

Lebih lanjut, Putra Agina menambahkan, pelatihan Preceptorship yang baru pertama kali dilaksanakan di RSU Aghisna itu merupakan tindak lanjut  MoU Tri Dharma Perguruan Tinggi dari evaluasi stakeholder tempat lahan praktik mahasisa Stikes Gombong terkait kemampuan dalam membimbing mahasiswa praktik. Dengan demikian, setelah seselai mengikuti pelatihan, pembimbing klinik/CI mampu membimbing mahasiswa sesuai dengan standar kompetensi yang telah ditentukan.