Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Muhammadiyah Gombong mengirim 10 mahasiswa untuk mengikuti  Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Bengkulu.

Sepuluh mahasiswa Program Studi (Prodi) S1 Farmasi tersebut merupakan delegasi Program KKN Muhammadiyah VI Bengkulu bertajuk “Bakti Muhammadiyah untuk Negeri”. Progam  tersebut  akan belangsung pada 30 Juli sampai 11 September 2019.  Para mahasiswa tersebut didampingi oleh dosen pembimbing lapangan (DPL) Husnul Khuluq.

eberangkatan  para mahasiswa dilepas oleh Ketua Stikes Muhammadiyah Gombong Hj Herniyatun Mkep SpMat di kampus Jalan Yos Sudarso 461 Gombong, Sabtu (27/7/2019). Turut mendampingi Arnika Dwi Asti SKep Ns MKep dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Stikes Muhammadiyah Gombong.

Arnika Dwi Asti menjelaskan para mahasiswa nantinya akan bergabung dengan mahasiswa 40 perguruan tinggi Muhammadiyah di Indonesia.  Mereka akan ditempatkan di sembilan kecamatan di Bengkulu.

“Tahun ini merupakan tahun kedua keikutsertaan mahasiswa Stikes Gombong dalam Program KKN Muhammadiyan untuk Negeri. Tahun sebelumnya KKN Muhammadiyah diselenggarakan di Kabupaten Purbalingga,” ujar Arnika Dwi Asti kepada di sela-sela pelepasan.

Arnika mengatakan, para mahasiswa yang menjadi delegasi dari Stikes Muhammadiyah Gombong merupakan mahasiswa pilihan. Selain memenuhi persyarakat seperti aktif di organisasi kemahasiswaan, mereka juga mengikuti seleksi administrasi, seperti  indeks prestasi komulatif (IPK) minimal 3,0, keterangan sehat, dan mendapatkan ijin dari orang tua.

“Sebelumnya mereka juga membuat proposal program apa saja yang bakal dilaksanakan di lokasi KKN,” tandasnya.

Ketua Stikes Muhammadiyah Gombong Hj Herniyatun menambahkan, KKN Muhammadiyah untuk Negeri sebagai wahana belajar para mahasiswa sekaligus tukar budaya antar daerah di Indonesia.

“Selain itu juga mengenalkan dakwah Islam melalui perguruan  tinggi Muhammadiyah untuk kemajuan daerah,” ujarnya. (ndo)