Menyikapi berita akan adanya gempa berpotensi tsunami dipesisir selatan pulau jawa mahasiswa KSR STIKes Muhammadiyah Gombong didampingi pembimbing KSR berperan serta dalam kegiatan pengobatan masal yang diadakan oleh MDMC Kebumen.

Petugas yang terlibat diantaranya tim dokter dan perawat dari RS PKU Muhammadiyah Gombong, RS PKU Muhammadiyah Sruweng dan RS PKU Muhammadiyah Petanahan serta RS PKU Muhammadiyah Kutowinangun .

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini dilakukan di dua tempat yakni 30 Juli 2019 di Lapangan Diponegoro Ambal Kebumen dan 31 Juli 2019 di Lapangan Kecamatan Puring Kebumen .

Hendri Tamara Yudha, M.Kep selaku pembimbing KSR STIMugo mengatakan Kegiatan pengobatan masal ini dilaksanakan dalam rangka mendukung secara aktif kegiatan ekspedisi Desa Tangguh Bencana (Destana) Tsunami yang diadakan oleh BNPB yang diawali dari Banyuwangi Jawa Timur dan di akhiri di Pandeglang.

Hendri juga menambahkan Kegiatan Destana Tsunami meliputi sosialisasi pencegahan dan penanganan bencana tsunami di sekolah dan Pasar, pengobatan masal penanaman Mangrove, penilaian ketangguhan desa dan banyak kegiatan lain yang bermanfaat bagi masyarakat khususnya yang berada di daerah rawan bencana tsunami.