Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Muhammadiyah Gombong membekali calon lulusannya dengan pedoman hidup Islami sesuai persyarikatan Muhammadiyah dan pengenalan dunia kerja. Pembekalan bagi calon lulusan itu diberikan melalui kegiatan Job Fair dan Baitul Arqom Purna Studi.

Kegiatan yang berlangsung  pada 28-31 Agustus 2019 itu diikuti 378 mahasiswa yang akan mengikuti wisuda. Jumlah itu terdiri atas Program Reguler A DIII Keperawatan 131, DIII Kebidanan 60, Program Profesi Ners 88 dan Reguler B 99 mahasiswa.

Ketua Panitia Job Fair Baitul Arqam Purna Studi, Putra Agina WS MKep mengatakan bahwa Job Fair diikuti oleh delapan rumah sakit di Kebumen dan luar daerah.  Seperti RS PKU Muhammadiyah Gombong, PKU Muhammadiyah Sruweng, RS Siaga Medika Banyumas, RS Pondok Indah Jakarta,  Rumah Sakit Sari Asih Ciputat, dan RS Purwogondo.

Selain itu, tiga lembaga  penyalur tenaga kesehatan dan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga  Kerja Indonesia (BNP2TKI) juga mengisi Job Fair tersebut. Hadir  langsung Direktur Pelayanan Penempatan Pemerintah BNP2TKI Ir Arini Rahyuwati MM.

Pedoman Hidup

Adapun  sejumlah materi tentang Islam dan Muhammadiyah disampaikan oleh delapan pemater dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah, pimpinan wilayah, pimpinan daerah dan hingga pimpinan  Cabang Muhammadiyah.

Materi pedoman hidup Islami warga Muhammadiyah dalam menjalankan profesi disampaikan oleh dokter Agus Taufiqurrohman MKes SpS.  KH Mudhofir menyampaikan materi keyakinan dan cita-cita hidup Muhammadiyah.

Materi tuntunan ibadah sesuai tarjih oleh Dr Ibnu Hasan SAg MSi, terkait ibadah mahdlah dan nawafil disampaikan oleh Prof Dr Suparman Syukur MAg.  Pada bagian lain materi etos kerja Muhammadiyah disampaikan oleh Drs H Ahmad Kifni, dan profil kader dan perjuangan tokoh Muhammadiyah disampaikan oleh Paryanto Rohma MIP.

Putra menambahkan, kegiatan itu dilaksanakan rutin tahunan bagi calon alumni sebelum benar-benar resmi lulus dan diwisuda. Kegiatan ini wajib diikuti oleh semua peserta. Setelah dinyatakan lulus peserta akan memperoleh sertifikat sebagai salah satu syarat untuk pendaftaran wisuda.

Putra menambahkan  kegiatan Baitul Arqam Purna Studi sesuai dengan pedoman perkaderan PTM-PTA bahwasanya dilaksanaan dua hari satu malam dengan materi dasar berjumlah delapan materi.

“Dengan bekal tentang Kemuhammadiyahan dan dunia kerja, para lulusan Stikes Muhammadiyah Gombong diharapkan dapat beradaptasi dan mengaplikasikan ilmunya dengan baik serta bersikap profesional kepada masyarakat,” ujar Putra Agina WS  di sela-sela acara.

Ketua Stikes Muhammadiyah Gombong Hj Herniyatun MKep SpMat, memberikan selamat kepada alumni D3 Keperawatan & D3 Kebidanan yang telah mencapai kelulusan 100 % uji kompetensi diatas Profesi Ners dengan tingkat kelulusan 92,7 %, diakhir sambutan beliau berpesan kepada calon alumni untuk selalu menjaga nama baik almamater dan bisa bekerja serta membahagiakan orang tua. Selain itu, mampu menjaga  kesehatan finansial dengan cara menabung, tidak menghambur-hamburkan  gaji yang sudah didapatkan untuk keperluan yang tidak mendesak tanpa meninggalkan kewajiban beribadah kepada Tuhan .

“Niatkan bekerja untuk ibadah.  Sehingga dunia dapat dan akhirat juga dapat,” ujarnya.

Acara ditutup dengan seleksi & perekrutan calon karyawan dari Rumah Sakit yang meliputi tes tulis dan wawancara.