Dadi Santoso, Peserta Vaksin Sinovac Pertama STIMUGO

Dosen Keperawatan STIKES Muhammadiyah Gombong, Dadi Santoso MKep, Kamis (28/1) menjadi peserta pemberian vaksin sinovac pertama yang diselenggarakan oleh pemerintah Kabupaten Kebumen bagi tenaga kesehatan di instansi pendidikan. Vaksinasi dilaksanakan di Puskesmas Gombong 1 bersamaan dengan beberapa dosen lainnya.

Upaya ini dilakukan sebagai bentuk partisipasi aktif tenaga kesehatan di instansi pendidikan untuk mendukung program pemerintah guna menanggulangi penyebaran virus covid-19 di Indonesia. Bagi STIKES Muhammadiyah Gombong sendiri, selain menjaga kesehatan civitas akademika yang ada di dalamnya, keikutsertaan ini juga sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat supaya tidak takut divaksin.

Selain tenaga kesehatan, menyusul kemudian seluruh karyawan STIKES Muhammadiyah Gombong pun turut menjadi penerima vaksin covid-19. Kegiatan vaksinasi dilaksanakan di RS PKU Muhammadiyah Gombong pada tanggal 29 Januari-1 Februari 2021. Pemberian vaksin dilakukan dengan beberapa tahapan, mulai dari registrasi peserta, screening kesehatan, pemberian vaksin dan tahap akhir adalah observasi penerima vaksin untuk memastikan ada tidaknya efek samping setelah vaksin diberikan.

Ketua STIKES Muhammadiyah Gombong, Dr. Herniyatun MKep, Sp Mat dalam kesempatan ini menyampaikan “Kegiatan Vaksinasi ini merupakan langkah positif, sebagai tenaga kesehatan kita patut memberikan contoh dan edukasi kepada masyarakat kalau vaksin ini aman dilakukan” ujarnya.