Era Globalisasi, Tuntut Bidan Jadi Enterpreneur

Seorang bidan yang membuka praktik mandiri dapat disebut juga sebagai wirausahawan. Sebagai pelaku usaha mandiri dalam bentuk layanan jasa kesehatan dituntut untuk mengetahui dengan baik manajemen usaha. Bidan sebagai pelaku usaha mandiri dapat berhasil baik dituntut untuk mampu sebagai manajerial dan pelaksana usaha, di dukung pula kemampuan menyusun perencanaan Lutfia Uli Na’mah, S.ST., M.Kes.berdasarkan visi yang diimplementasikan secara strategis dan mempunyai ke mampuan personal selling yang baik guna meraih sukses. Diharapkan bidan nantinya mampu memberikan pelayanan kesehatan sesuai profesi dan mampu mengelola manajemen pelayanan secara profesional, serta mempunyai jiwa entrepreneur.

STIKES Muhammadiyah Gombong sebagai salah satu institusi pendidikan di bidang kesehatan yang memiliki program studi kebidanan pada Sabtu, 7 November 2020 menyelenggarakan Webinar Nasional Be a Midwife-Preneur dengan tema Strategi Pengembangan Pelayanan Kebidanan untuk Meningkatkan Berwirausaha.  Webinar kali ini mengundang narasumber ahli di bidangnya masing-masing.

Kegiatan webinar yang diikuti oleh lebih kurang 300 peserta ini dibuka oleh Ketua STIKES Muhammadiyah Gombong, Dr. Hj. Herniyatun, M.Kep., S.Mat. Dalam sambutan singkatnya beliau mengatakan STIKES Muhammadiyah Gombong senantiasa berusaha mewujudkan visinya, menjadikan lembaga pendidikan kesehatan yang unggul modern dan islami, senantiasa memenuhi kebutuhan masyarakat terutama tentang perkembangan pendidikan khususnya pendidikan kebidanan. “Saat ini STIKES Muhammadiyah Gombong sedang proses mengajukan program studi profesi bidan, tinggal menunggu SK turun saja”, ucap beliau. Kegiatan webinar kali ini merupakan salah satu usaha institusi ksehatan satu-satunya di Kebumen ini untuk menciptakan lulusan kebidanan yang Islami dan berjiwa enterpreneur.

Sebagai pemateri pertama yakni dr. Faiz Allaudien Reza Mardhika seorang dokter umum, CEO Tradha Group dan Founder Ascendia. Pada kesempatan ini pemateri menyampaikan materi dengan topik “Strategi menjadi Pengusaha Muda” Selanjutnya pemaparan oleh pemateri kedua Dr. Ade Jubaedah, S.SiT., MM., MKM yang menjabat sebagai Sekjen Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia dengan materi Kebijakan Organisasi Profesi Bidan tentang Legalitas Pelayanan Praktek Mandiri Bidan”. Pemateri Ketiga Lutfia Uli Na’mah, S.ST., M.Kes. yang merupakan dosen program studi D3 Kebidanan STIKES Muhammadiyah Gombong dengan tema “Teknik Marketing Kebidanan”, dan pemateri keempat yakni Prita Yusita, S.Tr.Keb. selaku Bidan, CEO Ibu Alam Natural Birth & Breastfeeding Support dengan materi “Inovasi dan Kreativitas Bidan dalam Pelayanan Ibu dan Anak”.

Kegiatan ini dimoderatori oleh mahasiswa program studi D3 Kebidanan, Nova Destry Fabya yang cukup piawai mengatur lalu lintas dialog di media daring ini sehingga kegiatan berjalan dengan lancar. Dengan terselenggaranya acara webinar ini, penyelenggara  berharap semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat dan mampu memotivasi seluruh pesertanya untuk mengaplikasikan materi yang disampaikan di kehidupan sehari-hari.