Search

Sedang Online

Terdapat 80 Tamu online

webmail -stikes

Banner

Sejumlah 327 Mahasiswa STIKes Muhammadiyah Gombong Laksanakan PKMD Di Karanggayam Dan Kuwarasan

Cetak PDF
STIKes Muhammadiyah Gombong .red - Sebanyak 327 Mahasiswa Program Studi (Prodi) D3 Kebidanan, D3 Keperawatan dan S1 Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Muhammadiyah Gombong, kembali melaksanakan kegiatan Pembangunan Kesehatan Masyarakat Desa (PKMD) di wilayah Kabupaten Kebumen. Prosesi penyerahan mahasiswa dilakasanakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen Senin, 3 Oktober 2016. Acara dihadiri Wakil Bupati Kebumen KH. Yazid Mahfudz, jajaran SKPD, perwakilan Puskesmas Kuwarasan dan Karanggayam serta segenap Civitas Akademika STIKes Muhamamdiyah Gombong termasuk mahasiswa yang akan melaksanakan tugas PKMD.

Mahasiswa terbagi di 2 (dua)  Kecamatan diantaranya, Kec. Karanggayam sejumlah 79 mahasiswa di Desa Karang Maja, 78 mahasiswa di Desa Kajoran, 78 Mahasiswa di Desa Karanggayam,sedangkan di Kecamatan Kuwarasan sejumlah 47 mahasiswa di desa Lemah Duwur dan 45 mahasiswa di desa Madureso. Dalam Praktek Pembangunan Kesehatan Masyarakat Desa ini mahasiswa mengawali kegiatan dengan observasi ke pelosok desa untuk mendapatkan data real penduduk desa setempat kemudian hasil observasi dipresentasikan dalam Musyawarah Masyarakat Desa (MMD). Kegiatan PKMD atau lebih dikenal dengan istilah Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang direncanakan dilaksanakan mulai 3 Oktober 2016 hingga 5 Juni 2017.

Adapun data kesehatan, meliputi jumlah penduduk berdasarkan kelompok usia, jaminan kesehatan yang dimiliki, jumlah perokok, riwayat penyakit, sumber informasi kesehatan, pengalaman penyuluhan kesehatan, penggunaan alat kontrasepsi, posyandu dan tempat membeli obat.

Sedangkan untuk data keadaan lingkungan, seperti cara membuang limbah rumah tangga, cara buang air besar warga, jarak sumber air dari septic tank, kepemilikan kandang hewan ternak, kondisi kandang hewan ternak, jenis dinding, lantai rumah dan atap rumah.

Data yang disajikan mahasiswa itu, dibahas untuk menentukan tindakan atau kegiatan yang akan dilakukan mahasiswa bersama - sama dengan Dinas Kesehatan Kebumen , Puskesmas, pemerintahan desa, dan masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya di Desa tempat pelaksanaan PKMD.

Ketua STIKes Muhammadiyah Gombong, Bpk. M. Madkhan Anis, S.Kep. Ns., menyampaikan terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Kebumen atas kerjasamanya selama ini dan STIKes Muhammadiyah Gombong akan selalu berperan aktif mendukung program pembangunan kesehatan di Kabupaten Kebumen. Beliau juga berpesan kepada mahasiswa untuk senantiasa menjaga nama baik institusi, mudah beradaptasi dengan lingkungan setempat dan selalu koordinasi dengan bagian terkait.

Wakil Bupati Kebumen KH. Yazid Mahfudz dalam sambutanya juga menyampaikan terimakasih kepada STIKes Muhammadiyah Gombong yang telah mencetak tenaga kesehatan yang handal dan professional ini dibuktikan dengan hasil pengumuman penerimaan pegawai BLUD RSUD Prembun tahun 2016 hampir 90% yang diterima adalah alumni STIKes Gombong. Beliau juga menambahkan ada beberapa program kesehatan Kabupaten Kebumen yang sudah dijalankan diantaranya bayi lahir langsung mendapatkan Akte, Program Ambulan Gratis dan Gelang untuk ibu hamil dengan penjelasan warna merah untuk warga miskin beresiko, gelang warna kuning untuk warga tidak miskin tapi beresiko dan gelang warna hijau untuk ibu hamil normal dan sehat. “Kami mengharapkan kolaborasi antara pemerintahan desa, petugas kesehatan, mahasiswa dan masyarakat dalam menjalankan program kesehatan sehingga dapat menjadikan warga Desa sehat jasmani dan rohani dan meningkat derajat kesehatannya,” ujar Wakil Bupati.


Info PMB

Banner

Polling

Polling Pelayanan Akademik tahun 2015/2016



Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1473
mod_vvisit_counterYesterday2390
mod_vvisit_counterThis week6757
mod_vvisit_counterLast week20793
mod_vvisit_counterThis month57859
mod_vvisit_counterLast month30987
mod_vvisit_counterAll532324

Online (20 minutes ago): 44
Your IP: 54.81.192.214
,
Now is: 2017-04-25 11:46