PEDULI PENDERITA DIABETES, STIMUGO GELAR ZOOMINAR #5

Indonesia menduduki urutan ke 6 (enam) dengan penderita diabetes tertinggi menurut data Indonesia Diaebetes Federation (IDF) . Faktor peningkatan jumlah penderita diabetes antara lain gaya hidup tidak sehat, lingkungan dan pikiran/stres. Dalam kaitannya dengan masa pandemi covid-19, penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit komorbid yang mempunyai resiko tinggi tertular virus covid-19.

Pada kegiatan zoominar #5 yang diselenggarakan oleh DPK PPNI STIKES Muhammadiyah Gombong bekerjasama dengan STIKES Muhammadiyah Gombong kemarin siang (18/6), mengangkat topik bahasan Manajemen Penyakit Kronis di Masa Pandemi Covid-19. Kegiatan ini diikuti oleh 180 peserta dari berbagai daerah seperti Kebumen, Banjarnegara, Cilacap, Majenang, Purworejo dan Pekalongan baik dari instansi pendidikan maupun instansi kesehatan.

Bambang Utoyo, S.Kep.Ns., M.Kep., Ketua DPK PPNI STIKES Muhammadiyah Gombong,  selaku moderator menyampaikan topik pada zoominar kali ini berisikan trik dan solusi bagaimana agar penderita penyakit kronis dapat menjalankan aktivitas sehari-hari dan tidak terpapar virus covid-19.

Pembicara dalam zoominar ini merupakan salah satu doktor yang dimiliki STIKES Muhammadiyah Gombong, Cahyu Septiwi, M.Kep., Sp.KMB., Ph.D, lulusan program doktoral Khon Kaen University of Thailand yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Program Studi Keperawatan Program Sarjana sekaligus dosen Keperawatan Medikal Bedah. Serta Kurniawan Setyo, S.Kep., Ns., selaku perawat critical care RSUD Dr. Soedirman Kebumen. Cahyu Septiwi menyatakan bahwa dalam menghadapi masa pandemi covid-19 bagi penderita diabetes perlu menerapkan self management dengan 5 (lima) pilar yaitu edukasi, perencanaan diet diabetes, aktivitas fisik/olahraga, pengobatan dan pemantauan dengan cek gula darah rutin. Self management ini bisa dilakukan di kelompok prolanis, puskesmas maupun rumah sakit.

Ketua STIKES Muhammadiyah Gombong yang diwakili oleh Wakil Ketua I Bidang Akademik, Isma Yuniar, S.Kep.Ns., M.Kep. turut berbangga dan mengapresiasi kegiatan zoominar ini. “STIKES Muhammadiyah Gombong mempunyai visi misi unggul modern islami. Bentuk dukungan dan penerapan visi misi yang kami miliki salah satunya dengan cara adaptif selama masa pandemi. Zoominar ini diselenggarakan dengan maksud untuk sharing ilmu self management bagi penderita penyakit kronis agar tidak tertular covid-19 yang tentunya sangat dibutuhkan oleh perawat maupun masyarakat”.

Zoominar ini juga disiarkan secara langsung (live streaming) di channel youtube STIKES MUHAMMADIYAH GOMBONG dan akan dilanjutkan dengan rangkaian zoominar selanjutnya yaitu zoominar #6 dengan topik bahasan yang tidak kalah menarik.