Raih Gelar Doktor di Universitas Indonesia, Herniyatun, M.Kep., Sp.Mat. Menambah Jumlah Doktor STIMUGO

Jumlah dosen bergelar doktor di STIKES Muhammadiyah Gombong (STIMUGO) bertambah setelah Dr. Herniyatun, M.Kep., Sp. Mat berhasil meraih gelar doktor ilmu keperawatan dari Universitas Indonesia. DR Herniyatun M.Kep, Sp. Mat, menjadi dosen tetap keempat yang berhasil meraih gelar doktor. Doktor pertama adalah Cahyu Septiwi, M.Kep., Sp.Kep.MB., Ph.D dari Khon Kaen University,  disusul kemudian Wulan Rahmadhani, S.ST., M.M.R., Dr. PH dari universitas yang sama. Selain Herniyatun, semester ini juga telah lulus doktor ketiga yaitu Dr. Basirun, M.Kes yang telah berhasil meraih gelar doktor ilmu manajemen dari Universitas Islam Indonesia.

Herniyatun saat ini menjabat sebagai Ketua Sekolah Tinggi Kesehatan Muhammadiyah Gombong (STIMUGO), Institusi pendidikan kesehatan satu-satunya di Kebumen, berhasil meraih gelar Doktor usai mempertahankan disertasinya yang berjudul “Pengembangan Model Intervensi Keperawatan Spiritual Islam (Inspirasi) dan Pengaruhnya Terhadap Kualitas Hidup dan Kesejahteraan Spiritual pada Perempuan Kanker Serviks” di Universitas Indonesia yang merupakan almamaternya saat memperoleh gelar sarjana, magister dan spesialis keperawatan maternitas. Ia berhasil melalui sidang promosi doktoral tersebut tersebut pada 3 Agustus 2020 dengan IPK 3.71.

Kanker serviks merupakan masalah kesehatan perempuan di Indonesia karena memiliki angka kejadian dan angka kematian yang tinggi. Berbagai masalah pada kanker serviks akan memberikan dampak yang kompleks terhadap individu, keluarga dan masyarakat. Diperlukan cara penanganan yang efektif untuk mengatasinya, salah satunya model intervensi keperawatan spiritual Islami yang diangkat dalam judul disertasi wanita kelahiran Alian Kebumen ini. Belum ditemukannya model implementasi keperawatan spiritual yang simpel, aplikatif dan mudah dilakukan dan dijadikan panduan bagi perawat dalam menjalankan peran pemberi asuhan yang komprehensif sehingga hasil penelitian ini dapat dijadikan dasar dalam mengembangkan model intervensi keperawatan spiritual. “Tujuannya adalah meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan spiritual perempuan penderita kanker serviks”, ujarnya sebagaimana laporan tertulis.

Sebagai salah satu wujud syukur STIKES Muhammadiyah pada hari Sabtu, 8 Agustus 2020 telah diadakan tasyakuran dan pemberian penghargaan kepada doktor. Acara diselenggarakan oleh Badan Pembina Harian yang diketuai oleh dr. H. Fatah Widodo, Sp.M.,M. Kes. Pada acara syukuran tersebut diserahkan penghargaan kepada para dosen yang telah meraih gelar Doktor dan PhD. Juga diisi tausiah oleh Prof. Dr. H. Abdul Mu`ti, M.Ed. Yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Umum PP Muhammadiyah. Acara ini diharapkan memberikan motivasi kepada dosen di STIMUGO agar semangat dalam meningkatkan jenjang pendidikan di level S3.

Stikes Muhammadiyah Gombong saat ini sedang dalam perubahan bentuk menjadi Universitas Muhammadiyah Gombong bergabung dengan Sekolah Tinggi Teknologi Muhammadiyah (STTM ) Kebumen. Karena itu para dosen yang begelar doktor akan terus diupayakan bertambah sehingga tidak tertinggal dari universitas muhammadiyah lain yang sudah lebih dulu berdiri. Selain itu juga akan membuka Program Pasca Sarjana Ilmu keperawatan.