Ratusan Pelajar SMA Semarakkan Festival Stimugo

Ratusan pelajar SMA di Kebumen menyemarakkan event Festival Stimugo-Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Trofi Bupati Kebumen, Rabu (7/3). Sejumlah lomba seni digelar dalam ajang yang diselenggarakan oleh Badan  Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Muhammadiyah Gombong dan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kebumen tersebut.

Adapun bidang seni yang dilombakan adalah seni pertunjukan dan seni penciptaan. Seperti lomba baca puisi diikuti 39 peserta, monolog 20 peserta, kriya 39 terdiri atas putra 21 dan  putri 18 peserta. Kemudian lomba desain poster 27 peserta, cipta puisi 46 peserta, solo vokal putra 24 dan putri 46 peserta. Lomba film pendek 18 tim yang terdiri atas 36 peserta. Lomba seni tari diikuti 15 grup dan gitar solo diikuti 17 peserta.

Dibuka oleh Ketua Stikes Muhammadiyah Gombong Hj Herniyatun, acara dihadiri Ketua MKKS SMA Kebumen Rachmat Priyono. Hadir pula jajaran pimpinan dan dosen Stikes Muhammadiyah Gombong. Kegiatan itu mengangkat tema: Bring your dream and create your future.

 

“Kegiatan ini diselenggarakan selain untuk memfasilitasi peserta didik agar berprestasi di bidang seni, juga untuk membentuk kepribadian dan karakter yang baik,” ujar Herniyatun, di sela-sela acara.

 

Siswa Kreatif

 

Melalui kegiatan ini diharapkan akan terwujud siswa SMA yang kreatif, cerdas, dan berkarakter melalui penghayatan dan penguasaan seni budaya bangsa sehingga memiliki eksistensi di tingkat dunia. Kemudian memberikan pengalaman berkompetisi dengan menjunjung tinggi nilai kebersamaan dalam keberagaman untuk memberi inspirasi keteladanan dalam mencapai prestasi tertinggi di bidangnya.

 

“Selain itu dengan lomba tersebut sekaligus untuk meningkatkan kreativitas dan apresiasi siswa terhadap bidang seni yang berakar pada budaya bangsa, mempererat persahabatan, persatuan, dan kesatuan bangsa sesama siswa yang berasal dari berbagai daera dengan karakter, tingkat keterampilan, dan budaya yang berbeda,” katanya.

 

Ketua Panitia Fetsival Stimugo Siti Mutoharoh MPH menyampaikan, penyerahan hadiah bagi para pemenang akan digelar di Kampus Stikes Gombong pada Minggu, 22 Maret 2020. Acara menghadirkan bintang tamu Guyon Waton dan Simple Band Project. “Acara dimeriahkan dengan expo kuliner,” ujarnya.